Macam-macam Layanan Google Tools

Google merupakan situs yang luar biasa? Situs yang awalnya hanya menyediakan hampir semua layanan mesin pencari (search engine) ini, kini sudah menyediakan hampir semua layanan internet lainnya seperti e-mail, peta, analisa website, hingga instant messaging. Hebatnya, Anda tidak perlu membayar untuk semua layanan tersebut. 

Macam-macam Layanan Google Tools

Untuk lebih jelasnya tentang macam-macam layanan yang disediakan Google bisa sobat simak tulisan GP di bawah ini.

Macam-macam Layanan Google

1. Gmail
Gmail merupakan layanan email gratis dari Google. Layanan ini dilengkapi fasilitas yang canggih dan kapasitas penyimpanannya yang berlimpah. Bayangkan, setiap akun email diberi kapasitas penyimpanan sebesar 6GB bahkan lebih. Dengan kapasitas penyimpanan sebesar ini, sobat tidak perlu menghapus file-file lama sobat di dalamnya, bahkan dapat menyimpan lebih banyak file lagi di sini.

2. Google Chrome
Google merupakan perusahaan raksasa internet yang memiliki banyak produk interaktif. Pada awalnya, produk Google hanyalah mesin pencari. Kini, produk Google sangatlah bervariasi, mulai dari produk internet, aplikasi web 2.0 VolP, hingga aplikasi dekstop. 

Salah satu dari produknya adalah Google Chrome yang merupakan aplikasi multiplatform. Google Chrome adalah sebuah mesin pencari terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering webkit. Proyek terbukanya sendiri dinamakan Chromium.

3. Google Toolbar
Google Toolbar adalah sebuah plug in (tambahan) berupa toolbar browser yang dapat dipasangkan pada browser Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Google Toolbar adalah salah satu produk Google yang cukup penting untuk dipasangkan pada bar browser sobat, di mana Google Toolbar berfungsi memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mengetahui beberapa infomasi, di antaranya mengenai informasi page rank suatu website.

Dengan menggunakan Google Toolbar, sobat bisa langsung menggunakan fasilitas Google Search tanpa harus mengakses web Google.com terlebih dahulu. Sobat cukup mengetikkan kata kunci yang ingin dicari pada kolom pencarian yang ada pada fasilitas Google Toolbar.

4. Picasa
Jika sobat termasuk pengguma internet yang sering menulis artikel melalui blog, sobat wajib menggunakan Picasa dari Google. Picasa merupakan layanan Google yang memberikan space cukup besar untuk menyimpan gambar. Hal ini bisa sobat manfaatkan untuk menyimpan gambar-gambar yang sobat gunakan untuk bahan artikel blog. Syarat utama untuk bisa menggunakan layanan ini adalah sobat harus memiliki akun google.

5. Google Hangouts
Google Hangouts yang dulunya adalah Google Talk adalah suatu layanan aplikasi berbasis web dari Google yang dibuat sebagai sarana untuk berkomunikasi melalui pesan instan dan Volp. Aplikasi ini bisa dikatakan sebagai aplikasi tandingan Yahoo Messenger yang dikeluarkan oleh Yahoo. Untuk menggunakan aplikasi ini, terlebih dahulu sobat harus mempunyai akun Google.

6. Google Dekstop
Google Dekstop merupakan sebuah perangkat lunak pencarian dekstop yang dibuat oleh Google, yang dapat berjalan di sistem operasi Mac OS X, Linux, dan Microsoft Windows. Aplikasi ini memungkinkan pencarian teks terhadap surat elektronik, file komputer, musik, foto, chat, dan sejarah halaman web pengguna, dan Google Gadgets lainnnya.

7. Google Analytics
Google Analytics merupakan salah satu layanan dari Google untuk melacak trafik blog. Layanan gratis ini menginformasikan bagaimana pengunjung menemukan dan berinteraksi dengan blog sobat. Untuk memanfaatkan Google Analytics, sobat harus mem-paste kode HTML
Google Analytics ke dalam situs sobat. Jika sobat punya blog gratisan yang tidak memberikan kebebasan untuk untuk insert kode html maka sobat tidak akan bisa memanfaatkan Google Analytics.

8. Google Earth dan Maps
Google Earth adalah layanan dari Google yang berguna menampilkan peta ke dalam komputer sobat. Peta di Google Earth tidak hanya bisa menampilkan daerah tertentu, tapi mencakup seluruh area di dunia. Di beberapa daerah, bahkan resolusi peta bisa diatur hingga memungkinkan sobat melihat detail lokasi yang sobat tampilkan. Meski demikian, untuk beberapa daerah yang lain, mungkin hanya bisa sobat lihat dari ketinggian ribuan meter saja.

Google Maps mirip dengan Google Earth, namun aplikasi ini berupa web sehingga sobat tidak perlu melakukan download. Yang sobat butuhkan untuk dapat menggunakan aplikasi ini hanyalah web browser sebagai client.

9. Blogger 
Blogger merupakan suatu layanan dari Google yang memungkinkan sobat untuk membuat catatan pribadi sehingga bisa dilihat oleh semua kalangan masyarakat, baik lokal maupun internasional dan menjadi sebuah media untuk berbagi informasi dengan mudah dan gratis.

10. Adsense 
Adsense adalah program kerja sama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan Adsense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik blog atau situs web akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs yang dikenal sebagai sistem pay per clik (ppc) atau bayar per klik.

11. Google Docs 
Google Docs merupakan salah satu produk Google untuk membuat, mengedit, mengolah kata (word processor), pengolah lembar kerja (spreadsheet), dan presentasi (presentation) secara online. Untuk dapat memanfaatkan layanan Google Docs, sobat hanya perlu membuat Google Account/Email Google. Jika sudah punya akun di Google, cukup kunjungi halaman Google Docs. Melalui  Google Docs, sobat dapat mengupload dan impor dokumen berbentuk file Microsoft Office, Open Office, HTML, RTF, atau file text lainnya. Dokumen yang telah di upload dapat di download dari manapun sobat berada, asalkan sobat terhubung dengan jaringan internet.

Sampai di sini, sobat telah mengetahui macam-macam layanan Google Tools. Semoga materi yang telah disampaikan dapat dipahami dengan baik dan mudah.


Blog, Updated at: 21.17

0 komentar:

Posting Komentar