Kelebihan Google Plus Dibanding Social Media Lain

Masing-masing aplikasi social media sesungguhnya memiliki keunikan dan perbedaan masing-masing, baik yang menjadi kelebihan maupun kekurangannya. Agar lebih memahami apa saja yang menjadi keunikan dan perbedaan Google+ dengan sosial media lain, simak poin-poin berikut.

Kelebihan Google Plus Dibanding Social Media Lain

Kelebihan Google Plus Dibanding Social Media Lain

1. Pengatutan Privasi Yang Baik Dengan Circle
Fitur Circle pada Google+ membuat pengguna dapat mengelompokkan seluruh kenalannya secara lebih privat dan terperinci sehingga pos yang dibuat dapat dibagi secara lebih spesifik ke orang-orang tertentu. Hal ini mengakibatkan stream orang-orang yang men-circle sobat terlalu ramai.

Misalnya, sobat ingin membuat pos tentang pengetahuan programming. Cobat cukup mempublish pos tersebut ke lingkaran khusus teman-teman programmer karena yang bukan programmer kemungkinan tidak mengerti apa yang sedang dibahas. Jadi, pos sobat lebih tepat sasaran dan tidak memenuhi Stream kenalan lain yang tidak ada hubungannya atau tidak mengerti isi pos sobat.

2. Me-like Dengan Manfaat
"+1" juga termasuk trademark dari Google+. Fungsi utamanya untuk menandakan bahwa sobat menyukai suatu pos, baik itu pos status biasa, link, foto, video, atau lokasi sobat berada. Namun +1 memiliki fungsi lain yang juga menjadi keunikannya, yaitu dapat meningkatkan peringkat pencariannya pada mesin pencari Google.

Jadi, selain dapat menandakan bahwa sobat menyukai pos tersebut, sobat dapat membantu orang lain agar lebih mudah dan cepat mencari informasinya di mesin pncarian Google.

3. Mute Pada Kolom Komentar
Suka mengomentari suatu pos, tetapi jadi malas karena nantinya email sobat penuh notifikasi? Jangan khawatir, sobat tidak perlu sampai menonaktifkan keseluruhan notifikasi komentar. Karena selalu ada link Mute this post (bungkam pos ini) pada setiap pos dan notifikasi.

Fitur mute this post ini akan menghentikan keseluruhan percakapan, sekaligus notifikasi dari pos-pos yang sobat komentari. Jika sobat ingin melihat kembali isi komentar dari pos tersebut, sobat cukup mengklik Undo Mute.

4. Ada Huddle Sebagai Pengganti BBM Atau Whatsapp
G+ terasa maksimal jika menggunakan handheld  berbasis Android yang juka bikinan Google. Namun, Google Plus berbasis mobile application kini juga dapat digunakan oleh pengguna handheld berbasis IOS. Salah satu kelebihan G+ berbasis
mobile application pada handheld adalah fitur Huddle. Fungsinya mirip BBM pada blackberry atau Whatsapp pada  handheld lainnya.

Kelebihannya, seluruh kenalan yang ada di circle sobat secara otomatis juga bisa diajak chatting atau di-invite dalam percakapan conference. Bahkan, sobat bisa secara otomatis membuat conference dengan memasukkan salah satu atau beberapa circle sekaligus. Hal ini jauh lebih praktis karena sobat tidak perlu terlebih dahulu menanyakan nomor PIN atau menyimpan nomor handphone kenalan yang ingin diajak chatting.

5. Tab +1 Pada Kolom Profil Berfungsi Sebagai Bookmark
Ingin melihat kembali link apa saja yang sudah pernah sobat beri tanda +1 saat berselancar di mesin pencari Google? Tab +1 pada halaman profil sobat sekaligus berfungsi sebagai bookmark atau penanda dari link yang telah sobat tandai tersebut. Hal ini dapat membuat sobat lebih mudah menemukan kembali link tersebut jika dilain waktu memerlukannya.

6. Video Conference Yang Lebih Memadai
Sebenarnya, sudah banyak layanan chat client yang menyediakan fitur video conference. Namun, Hangout pada Google+ mampu menampilkan beberapa orang sekaligus ke dalam sebuah live streaming video. Kebanyakan video conference hanya dapat dilakukan oleh dua line (jalur) saja.

Hal ini dapat mempermudah sobat melakukan percakapan secara langsung dengan beberapa orang sekaligus. Sobat dapat melihat wajah dan ekspresi lawan bicara sobat dan melihat lokasi tempat mereka melakukan video conference.

7. Orang-orang Yang Tidak Dimasukkan Ke Dalam Circle Memiliki Stream Sendiri
Merasa tidak di-circle balik oleh orang-orang yang sobat masukkan ke dalam circle? Jangan terlalu sedih karena pos sobat beserta orang-orang yang juga tidak di-circle balik akan masuk ke dalam stream khusus bernama Incoming Stream. Orang yang sobat circle ini masih dapat mengamati, membagi kembali (share), mengomentari, dan memberi tanda +1 pada pos orang-orang yang tidak di circlenya yang terkumpul pada Incoming Stream.

Jadi, tidak peduli berapa banyak akun yang memasukkan sobat ke dalam lingkarannya, jika memang pos sobat menarik maka pos tersebut tetap mendapat perhatian khusus bagi orang-orang yang sobat masukkan ke dalam lingkaran sobat. Sebab, jika sobat memasukkan seseorang ke dalam circle, artinya sobat telah memberikan akses kepada orang tersebut untuk melihat pos-pos sobat meskipun ia tidak memasukkan sobat ke dalam lingkarannya.

8. Pos Dan Komentar Yang Dapat Diedit
Jangan takut salah ketik saat sobat menggunakan Google+ karena teks pada pos dan komentarnya masih dapat diedit meskipun sudah dipublish. Hal ini juga dapat membantu sobat dalam mengupdate berita atau laporan secara berkala sehingga tidak perlu berkali-kali membuat pos baru.


Blog, Updated at: 11.57

0 komentar:

Posting Komentar