Pengertian Blog

Apa itu blog? Blog adalah singkatan dari Web & Blog, istilah ini pertama kali di gunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desembar 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut sejenis website pribadi yang selalu diupdate secara terus menerus dan berisi suatu informasi yang baru dan pesan atau tulisan yang saling berhubungan dengan website dan mereka dapat memberi komentar-komentar mereka sendiri ataupun orang lain. Seseorang yang menulis dan mengelola sebuah blog sering disebut Blogger. Blog selain berarti sebagai kata benda juga bisa berarti kata kerja kegiatan ngeblog.


Pengertian Blog

Sebagian besar blog terdiri atas berita atau artikel yang terus diperbarui. Dalam satu blog dapat berisi bermacam-macam berita/artikel yang dikelompokkan dalam berbagai kategori atau hanya terdiri atas satu jenis pemikiran saja tergantung dari pemikiran ataupun kehendak pemilik blog.

Blog tidak hanya bisa memuat tulisan saja dari ide-ide atau pemikiran yang dikemas dalam bentuk artikel. Blogger juga dapat memuat video, link, dan file musik sekalipun. Sebagian besar blogger memuat gambar ataupun video untuk mempercantik tampilan blognya.

Seorang blogger pasti ingin blognya dilihat dan dibaca oleh orang lain. Blogger juga bangga apabila orang lain dapat tertarik tidak hanya dengan isi dari blog tersebut namun juga dari segi tampilannya. Cara yang biasanya dilakukan blogger adalah dengan memadukan pengisian posting semenarik mungkin yang terus diberbarui dan mendesain tampilan blognya secara atraktif.

Umumnya blog memiliki fitur sebagai berikut:

1. Konten utama yang berisi artikel yang dipublikasikan secara kronologis yang paling baru biasanya di atas. Seringnya artikel tersebut dikelompokkan ke dalam berbagai kategori berdasarkan subjek.
2. Pengunjung dapat berkomentar tentang artikel yang ditulis
3. Arsip artikel-artikel yang sudah lama bisa perminggu, perhari, maupun pertahun
4. Daftar link terhadap web terkait yang sering disebut blogroll
5. Ada fasilitas feed seperti RSS, CMS, CSS, RDF, dan lain sebagainya. Fasilitas feed memungkinkan isi blog dilihat tanpa harus membuka halaman web, orang yang ingin melihat isi blog hanya tinggal menyiapkan software yang disebut RSS reader.


Blog, Updated at: 12.32

0 komentar:

Posting Komentar